Nama Lain Martabak Manis di Berbagai Daerah

Martabak manis merupakan jenis kue atau roti yang banyak dijual di Indonesia. Uniknya, namanya pun berbeda-beda di setiap daerah.

Setelah menelusuri Mbah Google. Akhirnya aku, Luluk Sobari, seorang Lifestyle Bloger and Gardening Enthusiast, menemukan jawaban dari nama lain martabak manis. Penasaran apa saja namal lain martabak manis di berbagai daerah? Simak ulasan lengkapku berikut!

Nama Lain Martabak Manis

Kalau nama martabak manis merupakan nama yang populer di daerah Jabodetabek. Nah, kalau di daerah lain namanya apa?

1. Terang Bulan

Nama Lain Martabak Manis

Pertama terang bulan. Nama ini rupanya populer di daerah Bandung. Di Jawa Timur juga di Madura, tempatku tinggal namanya terang bulang.

Makanya, pertama kali ke Depok di tahun 2015, aku merasa agak aneh. Kok namanya martabak manis, bukan terang bulan? Jauh banget kan?

Begitu juga dengan orang-orang dari Jabodetabek. Mereka juga merasa aneh dengan nama martabak manis yang berubah menjadi terang bulan.

Bacaan Menarik Lainnya:

2. Hok Lo Pan

Beda lagi dengan di daerah Bangka. Martabak manis sebutannya adalah Hok Lo Pan.

Nuansanya nama-nama cina, ya. Nah, artinya Hok Lo Pan ini adalah martabak manis bangka.

Jadi kalau di terjemahkan dalam bahasa Indonesia, dari segi nama lebih mirip dengan daerah Jabodetabek, ya?

3. Martabak Bangka

Di Medan, martabak manis disebut martabak bangka. Masuk akal sih, secara Medan lebih dekat dengan Bangka. Iya kan?

Di Medan, martabak manis alias martabak bangka ini varian topingnya beragam. Cenderung menyesuaikan dengan apa yang sedang populer di daerah tersebut.

Bacaan Menarik Lainnya:

4. Apam Pinang

Sekarang mari kita ke Pontianak. Di Pontianak, martabak manis disebut apam pinang, loh. Kenapa namanya apam pinang? Tebakanku, mungkin karena tekstur kuenya mirip apem atau apam.

Sementara pinang ini merujuk pada Pangkal Pinang yang merupakan ibukota dari Provinsi Bangka Belitung. Ujung-ujungnya balek lagi ke martabak manis Bangka. Tapi ini tebakan sotoy ala-alaku saja ya, hehehe.

5. Kue Bandung

Terakhir, di Semarang martabak manis disebut kue bandung. Memang orang-orang Jawa lebih mengenal martabak manis sebagai kue yang berasal dari Bandung.

Penjualnya pun memang rata-rata orang Bandung. Makanya nggak heran, jika orang Semarang menyebut martabak manis dengan sebutan kue bandung.

Nama boleh beda, soal rasa tentu nggak akan berbeda jauh. Apalagi bahan pembuatnya juga sama. Karena saya orang Madura, maka saya menyebut martabak manis dengan sebutan terang bulan.

Kalau di tempatmu, kamu menyebutnya apa?

Bacaan Menarik Lainnya:

Terima kasih sudah mampir. Mohon tinggalkan pesan.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

recent posts