Cara Minta Maaf pada Teman, Lakukan dengan Tulus ya!

Punya salah sama teman mungkin hal yang lumrah. Hanya saja, jarang ada teman yang mengakui kesalahan dan mau minta maaf karena kesalahan itu. Kebanyakan mah merasa cuek dan merasa nggak ada apapun yang terjadi.

Padahal, bisa saja kesalahan itu menorehkan luka yang dalam. Meski terlihat baik dari luar. Kita nggak pernah tahu apa yang mungkin dia rasakan di dalam hatinya.


Cara Minta Maaf Kepada Teman


Jadi, menurutku akan lebih baik kalau kita mau mengakui kesalahan dan segera minta maaf padanya. Kalau terasa sulit, ini dia beberapa cara minta maaf pada teman, sebagai berikut:

Cara Minta Maaf pada Teman

1. Bertanggung Jawab Atas Kesalahan

Hal yang paling utama saat minta maaf adalah mengambil tanggung jawab atas kesalahan. Dalam artian, kita berani mengakui bahwa kita telah melakukan kesalahan pada teman, mau itu secara sengaja atau nggak.

Sikap ini tuh jarang banget kita jumpai. Kebanyakan mah cuek saja gitu. Jangan kata sama kesalahan yang nggak sengaja. Bahkan kesalahan yang jelas terlihat pun susah banget mengakuinya. Benar nggak?

Makanya, kita bisa kok bilang gini, “maaf ya kalau ada kata-kataku yang menyinggung perasaanmu.”

2. Cari Waktu yang Tepat untuk Minta Maaf

Setelah menyadari kesalahan kita. Maka, kita butuh cari waktu yang tepat untuk minta maaf. Meski kita berteman dekat bahkan sudah seperti layaknya saudara. Tentu kita nggak boleh mengganggu aktivitasnya dong.

Kita bisa menggunakan waktu saat mereka sedang bersantai. Samperin dia atau buat waktu khusus dengan janjian dulu. Kalau nggak karena terpaksa oleh situasi dan kondisi, tolong jangan minta maaf dengan memanfaatkan teknologi, kayak minta maaf lewat chat doang.

Bukannya apa sih. Menurutku nih ya kalau kita menyampaikan permintaan maaf lewat chat tuh kayak kurang menunjukkan kesungguhan saja. Tapi, beda cerita kalau misalkan situasi dan kondisi nggak memungkinkan kita untuk bertemu.

3. Jangan Menyalahkan Orang Lain

Ini tuh kayak kebiasaan yang sering kita lakukan. Emang sih kita mau minta maaf. Tapi kemudian kita menyalahkan orang lain karena kesalahan itu. Mungkin Teman-teman nggak asing sama pernyataan berikut ini:

“Aku minta maaf ya sudah bikin kamu jatuh dari sepeda. Semua itu gara-gara si A yang main sepedanya nggak hati-hati. Terus bikin aku nggak fokus dan menyenggol kamu.”

Terlepas apakah pernyataan itu adalah hal yang benar. Seharusnya, kita nggak menyalahkan orang lain. Cukup sampaikan permintaan maaf kita dengan tulus.

4. Berjanji untuk Mengubah Sikap Lebih Baik

Sekedar minta maaf mungkin nggak cukup menghapus rasa sakit atau kecewa dalam diri. Karena bisa jadi kita akan mengulangi kesalahan tersebut.

Oleh karena itu, cara minta maaf kepada teman yang terakhir adalah adanya upaya kita untuk mengubah sikap menjadi lebih baik. Sehingga, teman kita pun yakin bahwa kita benar-benar tulus dengan permohonan maaf tersebut.

Sudah Tahu Cara Minta Maaf pada Teman?

Mengakui kesalahan dan minta maaf memang bukan hal yang mudah. Kadang ada yang merasa kesulitan untuk melakukan kedua hal tersebut.

Kita bisa melakukan beberapa cara minta maaf pada teman bila merasa sudah melakukan kesalahan. Tapi ingat ya! Lakukan dengan tulus ya, Gaes ya!

Terima kasih sudah mampir. Mohon tinggalkan pesan.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

recent posts